Saturday, June 30, 2012

Anak-Anak SkÜlahan 6:Atom

"Aku melihat bintang-bintang yang terdapat dalam hamparan langit malam, dan merasakan keindahannya. Luasnya surga terbentang dalam imajenasiku. Mata kecilku bisa menangkap cahaya dari bintang yang berumur jutaan tahun umurnya. dan aku bagian daripadanya. Apakah pola dari semua ini? Apa artinya? atau kenapa?"

Adam keluar dari kamarnya ke teras rumahnya untuk melihat langit dimalam hari.Mmm, betapa indahnya, pikir Adam.
Adakah penjelasan dari semua ini? Keindahan dari semua gerakan bintang dan planet? Dia jadi teringat semua penjelasan Yoga tentang semua itu. Bagaimana semua ini bisa terjadi? Apakah semua yang diatas sana bergerak sama dengan di bumi ini. Kenapa dia bersinar?"



Adam menatap bintang-bintang tersebut sampai malam pun semakin larut tanpa dia merasa."hoooahh, wah, dah ngantuk ni.kayaknya harus tidur sekarang," pikir Adam. Dia pun kembali kekamarnya.

Keesokan harinya Adam berangkat menuju sekolahnya. "Asik, hari terakhir orientasi ni." pikirnya sambil membayangkan penderitaan yang akan berakhir sambil membayangkan dia akan segera memakai seragam putih abu-abu setelah ini.

Hari itu acara lebih banyak diisi ceramah guru-guru untuk penutupan acara orientasi. Adam pun sedikit lega.
"Hoooah, ngantuk banget ni Ga, kemarin malem saya kurang tidur." Kata Adam ke Yoga.

"Iya, udah bentar lagi juga selesai acaranya, kamu bisa tidur waktu istirahat. Emang ngapain kemarin ko sampe ngantuk gitu?" tanya Yoga.

"Kemarin saya diluar kamar sampe malem liat-liat bintang. Sambil keinget tentang Teori keppler, Newton, ama pendulum yang kamu bilangin." Kata Adam.

"Hahahahaha, Ngapain juga, serius amat. Malah jadi ngantuk pas sekolah," jawab Yoga.

Adam:"Yah, saya jadi penasaran Ga. Kenapa dia bersinar? berapa jauh jaraknya dari bumi? yah mikirin banyak hal lah."

Yoga:" Ada hal menarik mengenai itu, kita lebih banyak tahu banyak tentang distribusi partikel dilangit daripada yang didalam bumi."


"Wah. masa sih, gimana caranya?" tanya Adam yang penasaran dengan jawaban Yoga.


Yoga:" Iya, salah satu penemuan penting dalam Fisika adalah semua bintang-bintang ini terbuat dari atom yang sama dengan yang dibumi. Atom dalam bintang melepaskan cahaya dengan frekuensi tertentu. dengan spectroscope kita bisa menganalisa frekuensi dari bintang tersebut dan kita bisa tau semua atom yang terdapat pada bintang yang berbeda-beda.




Spectroscope (courtesy of http://webbtelescope.org)


Adam:"Tapi apa semua bintang-bintang itu akan bereaksi sama seperti dibumi."

Yoga:"Kita memang tidak bisa menyamakan kondisi bintang-bintang tersebut seperti dibumi. Matahari contohnya sebagai bintang yang terdekat dengan bumi. Kita semua tau kalau energi yang ada dibumi ini terjadi karena pembakaran di matahari yang terjadi terus-menerus karena reaksi nuklir. terjadi dari "pembakaran" atom hydrogen. dan menghasilkan benda-benda disekeliling kita dari hasil pembakaran tersebut. Reaksi kimia tersebut menghasilkan isotop semperti C^12 atau C^14. Dan karena reaksi kimia dari
 itu terjadi dari reaksi nuklir yang tidak pernah berubah. Dari isotop tersebut kita bisa mengetahui kalau kemungkinan besar semua elemen yang ada dibumi ini terbuat dari bintang-bintang yang meledak yang disebut supernovae.

Adam:" Mmm, Atom ya?"

Yoga:" Iya, Atom. Semua pengetahuan tentang science yang telah dilakukan sejak jaman Yunani dan sampai sekarang masih berlaku adalah semua benda terbuat dari atom. Partikel kecil yang terus bergerak, menarik satu dengan yang lainnya ketika mereka sedikit menjauh tetapi saling menolak kalau ditekan satu dengan yang lainnya."

Adam:" Eh Ga, tau ga eksperimen sederhana yang bisa menjelaskan tentang atom ini? saya jadi tertarik nih."

Yoga:" Ya, boleh. besok ya abis pulang sekolah kita coba."

Adam:" Sip, deh."

Bersambung


No comments: