Friday, June 22, 2012

Gali Lobang Lurus Ke Pusat Bumi Sampe Tembus Ke Belahan Dunia Lain

Jika (diandaikan mungkin) kita gali lobang lurus ke pusat bumi sampe tembus. terus lompat ke dalamnya, apakah kita akan muncul di belahan bumi lain lalu jatuh lagi?

Seperti gambar dibawah


Pertanyaan yang persis sama dengan soal ujian tengah semester (UTS)  Fisika Matematika (Fismat) saya dulu dari Prof Andrianto.


Dulu saya jawabnya begini.

 Secara simetri bola, gaya gravitasi itu berbanding lurus dengan masa dan berbanding terbalik dengan kuadrat dari jaraknya.



Kemudian saya analogikan dengan bola yang memiliki 2 "layer". Gaya di permukaan disimbolkan dengan  G1 dan di dalam  disimbolkan dengan G2.

Sedangkan radius diluar permukaan r1 dan didalam r2.

kita ambil contoh besar r1 itu dua kali r2 (r1 = 2 r2)

Maka,
G2 = G1/d^2 = G1 / (r2/r1)^2

didapat G2 = 1/4 G1

 Dimana gravitasi di dalam permukaan bumi ini 1/4 kali besarnya gravitasi yang diatas permukaan. Maka dengan contoh r1 = 2 r2 ini bisa disimpulkan kalau gravitasi didalam bumi lebih lemah dari yang diatas bumi.Maka orang yang menggali bumi ini kemungkinan tidak bakal bisa sampai ke pusat bumi.

Jadi tidak mungkin kasus seperti diatas akan terjadi.

Selain itu di pusat bumi (dalam radius Earth's Schwarzschild ) itu gravitasi menjadi sangat kuat sampai tidak  ada yang bisa lepas.Ini semua mengabaikan kalau kita sebenarnya sedang menyelam di lautan gas yang disebut atmosphere dan mendesak gaya gravitasi diatas dan didalam permukaan. Belum juga memperhitungkan Faktor Lagrange point karena adanya kita berada dalam 2 benda massive yang bernama Bumi dan Bulan.

Benar tidaknya belum bisa dipastikan. Karena murid C-level kayak ane cuma dapet B dalam mata pelajaran tersebut.

 Mungkin kalau ada ide lain tolong kasih tahu saya.

Terima kasih

No comments: