Saturday, July 7, 2012

Anak-Anak SkÜlahan 7: Proses Atom dan Reaksi Kimia

" Siapa yang ingin mengerti dan mendeskripsikan alam dan seluruh kesatuan kehidupan. akan menemukan kalau dia memiliki bagian yang dia mengerti, tetapi kemudian akan menemukan suatu bagian yang hilang saat dia mencoba menyusun satu persatu pengetahuannya.kekurangan dalam mengetahui cara kerja alam. Seperti sedang mengejek usaha seseorang tanpa mengetahui apa yang sebenarnya orang tersebut sudah kerjakan."

Sepulang sekolah Adam dan Yoga berjalan melewati komplek komplek disekitar sekolahnya. Didepan jalan ada ibu-ibu yang sedang membakar dedaunan pohon yang berjatuhan.



"Dam, coba lihat itu." Kata Yoga.

"Mmm, ibu-ibu lagi bakar sampah, emang kenapa Ga?" Kata Adam.

Yoga:"Disana  terdapat reaksi kimia dimana karbon terbakar oleh oksigen Dua oksigen yang menempel dengan sangat kuatnya."

Adam:"Oh, CO2 ya. Kenapa cuma dua Ga? kenapa engga tiga atau empat aja sekalian."

"Itulah keanehannya, setiap proses  atom memiliki itu spesial. Mereka menyukai memiliki pasangan tertentu, dalam arah tertentu dan seterusnya. Atom karbon memiliki kristal solid, bahkan bisa menjadi kristal dan berlian. Contohnya, satu atom oksigen datang ke atom karbon. Setiap oksigen memilih satu karbon dan terbang menjadi kombinasi karbon oksigen ( CO). Tetapi atom karbon menarik atom oksigen yang lain lebih kuat daripada tarikan antara sesama atom carbon dan oksigen. Atom oksigen dan karbon bertubrukan dengan tenaga yang kuat sehingga mereka mengambil energi disekeliling mereka. Terjadilah pergerakan energi yang menyebabkan terjadinya pembakaran. Kita mendapatkan panas dari kombinasi oksigen dan karbon dan dalam kasus tertentu menjadi sangat banyak dan terbentuklah cahaya. Itulah bagaimana terjadinya api. Ini terjadi pada pembakaran yang sangat cepat dengan sedikit oksigen (seperti pada mobil). Bila terjadi lebih lama, karbon monoxide akan menarik satu lagi oksigen lalu terbentuk CO2."


Carbon dioksida beku (Courtesy of Wikipedia)

"Wow, saya ga pernah tahu kalau api bisa menjelaskan banyak hal tentang atom." Kata Adam.

Yoga:" Iya, tidak harus yang muluk-muluk. Eksperimen pakai yang disekitar kita saja. seperti garam dan air bisa menjelaskan tentang ion."
"Ion??" tanya Adam.



"Iya ion, sebuah atom yang memiliki kekurangan atau kelebihan elektron. Dalam kristal garam terdapat  ion klorin yang memiliki kebanyakan elektron dengan sodium yang memiliki kekurangan elektron.dan begitu kristal garam dimasukkan kedalam air. Tarikan elektron negatif oksigen dan positif hidrogen membuat ikatan ion klorin merenggang. Klorin mendekati hidrogen dan sodium mendekati oksigen sehingga terjadi proses pelarutan. Tetapi tidak semuanya juga melarut soalnya terjadi penguapan yang mempengaruhi proses pelarutan tersebut."

"Wow, saya ga sangka eksperimen bisa dilakukan semudah itu." Kata Adam.

Yoga:" Iya, asal kita perhatian dengan sekitar kita saja. Kita bisa banyak mencari jawaban dari peristiwa alam disekitar kita."

Adam:" Wah, Udah sampai dekat rumah ni, sampai besok ya Ga."
Keduanya kemudian pulang kerumahnya masing masing


No comments: