Saturday, July 14, 2012

Anak-Anak SkÜlahan 7: Keabadian Momentum

"Jika sebuah benda ingin dilihat secara kuantitas bukan kualitas. Kuantitas dari suatu benda tersebut hanya bisa di kira-kira menurut kekuatannya, dan kekuatannya cuma bisa dilihat dari gerakan mekanikanya. Dengan sebuah gerakan yang mempengaruhi objek lainnya benda tersebut memiliki kekuatan hidup dan kuantitas dari gerakan tersebut di sebut Momentum."

Beberapa minggu berlalu. Adam dan Yoga kini telah belajar normal di SMA dan sudah memakai seragam SMA. Minggu itu minggu yang sibuk dimana ada banyak sekali tugas yang diberikan oleh guru-gurunya.
Minggu ini Adam dan Yoga diberi tugas kelompok dengan temannya Irfan untuk membuat suatu naskah drama yang akan dimainkan didepan kelas. Adam dan Yoga berencana untuk naik motor ke rumah Irfan untuk latihan.



Adam yang membonceng Yoga melaju sangat kencang saat itu.

"Dam, jangan ngebut-ngebut dong. Kita kan ga buru-buru juga.Ngeri!" kata Yoga.

"Hahaha, Iya maaf Ga, kebiasaan si. Emang kenapa si Ga, kok takut banget?" Tanya Adam

Yoga:" Dengan kecepatan melebihi 80 km/jam kamu sebenarnya sedang dalam kecepatan 22.22 m/s. Kalau kamu butuh 1.5 detik untuk mengerem kamu sudah maju 33.33 meter. Dengan jarak pandang kamu yang hanya 30 meter kedepan karena terhalang mobil dan pepohonan. Kamu cuma bisa berharap untuk jangan ada lobang, kucing atau apapun di jalan yang membuat kamu harus mengerem. Belum lagi momentum yang akan terjadi dengan kecepatan seperti itu. Ngeri!  "

Adam:" Wah ngeri juga ya, jangan-jangan selama ini saya beruntung aja masih hidup."

Yoga:" Iya, kalau mau selamat itu harus direncanakan untuk selamat. Kalau kamu ga punya rencana untuk selamat tapi selama ini kamu masih hidup. Berarti kamu ini cuma BERUNTUNG aja selamat."

Duk, kata -kata Yoga benar-benar membuat bulu kuduk Adam berdiri. Dia kemudian memelankan laju motornya.

"Ga, momentum itu apa?" Tanya Yoga.

Yoga:" Sebenarnya itu adalah hukum kedua Newton yang menyatakan kalau perubahan gerakan suatu benda karena sebuah gaya itu berbanding lurus dengan perubahan waktu sebuah kuantiti yang disebut momentum."

Adam:" Trus, apa hubungannya momentum dengan kecepatan?"

Yoga:" Contohnya begini, kalau kita dorong sebuah benda yang ringan benda itu akan bergerak dengan mudah. Tetapi itu berat, benda tersebut akan bergerak lambat. kita bisa membedakan antara benda berat dan ringan. itu bisa di jabarkan dengan prinsip momentum yaitu berapa sulit untuk menggerakkan suatu benda. Dari sini bisa diketahui kalau momentum itu berbanding lurus dengan massa dan kecepatan.

F = d/dt (mv) = m dv/dt = ma

Adam:" Mmm, kalau begitu momentum ini dasar dari hukum newton yang ke dua ya?"

Yoga:" Iya, bahkan ada hal yang menarik yaitu momentum itu kekal seperti energi. Prinsip ini sengat berguna untuk menyelesaikan masalah tanpa tau detailnya. Contohnya. Roket pesawat ulang-alik. Roket dengan massa yang besar M, membuang bagian yang kecilnya dengan massa m pada kecepatan V.dengan prinsip kekekalan momentum kita bisa tahu kecepatan roket yang kecil yaitu

v = (m/M). V

Eh udah mau sampai rumahnya Irfan tu didepan."

Adam:" Ok, ntar abis latihan drama, diskusi lagi yuk."

Yoga:"Ok."

No comments: